Kamis, 18 Juli 2019

Juli 18, 2019 - No comments

Pentingnya Mengambil Risiko



Kehidupan yang dijalani manusia tidak semua sesuai dengan yang dikehendaki sang pejalan, pola kehidupan yang dilakoni manusia tidak semua sebenderang garis yang dia bayangkan, alur kehidupan yang membentang di depan tidak selurus rel yang membentang di bawah roda kereta, adakalanya jalan kehidupan bertentangan 180 derajat dari yang dia kehendaki, adakalanya jalan yang dia tempuh benar-benar gelap tak terjamah, adakalanya kehidupan yang membentang di hadapannya adalah lika-liku mematikan yang membuat sang supir perlu kewaspadaan tinggi dalam mengemudi, karena jika tidak ia akan terjerumus ke dalam lubang yang menganga.

Untuk itu manusia perlu mengambil resiko, perlu berani bertaruh untuk menebus konsekuensi atas jalan pintas yang dilalui demi terwujudnya eksitensi.

Mengambil risiko adalah menebak kemisteriusan yang disuguhi masa depan dengan cara mengambil langkah yang berani dan penuh dengan perhitungan. Semua tidak bisa dihukumi kala itu, jika sudah dilakukan dengan penuh perhitungan, yang tinggal kita lakukan hanyalah menunaikan apa yang pernah kita perhitungkan.

Dan oya, orang yang berani mengambil risiko adalah tipe yang sangat menyukai tantangan dan berani membuat tantangan (challenge) untuk meningkatkan kualitas diri. Manusia hanya bisa menebak takdir Tuhan yang memang benar-benar tidak terbaca, tapi setidaknya Dia sudah membentangkan sandi dan isyarat agar kita memahami polanya.

Mengambil risiko adalah upaya kita memahami isyarat tersebut. Perkara tepat atau tidak, kita serahkan kepada fakta yang menilai.

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top