Selasa, 02 April 2013

April 02, 2013 - 2 comments

@71 Berkelana Di Dunia Maya


Berselancar di dunia internet memang pekerjaan yang tak akan tiba ujung akhirnya. Banyak singgahan dan tempat kita berlena-lena atau mengasyikkan diri dengannya, semua tersaji secara instan dan simple-simple saja
.
Dulu, pada awal mengenal facebook, saya begitu tertarik untuk mendalami situs jejaring sosial yang satu ini, membuat status bukan hanya hitungan hari, akan tetapi dalam sehari saya pun bisa melahirkan beberapa status (walau gak jelas kualitas dan kuantitas konten tersebut), yah, pada saat itu saya hanya bisa meyakini bahwa dengan menulis status di Facebooklah saya bisa menuangkan rasa dalam hati (membagi galau dan kemot yang menyuramkan hati). 

Bahkan ketika saya tengah online di suatu malam, bermain facebook, saya mampu membuat sepuluh (10) status ringan tentang arti hidup (yah,semacam kata mutiara gitu) tanpa ada status teman lain yang berhasil menjegat di antara “sepuluh-status-melintang” tersebut, ini mungkin merupakan puncak dimana saya sangat begitu agresif  dengan membuat status di facebook, hal itu ditandai kemalasan saya membuat status setelah itu. Mau lihat buktinya coba aja cari di akun ini www.facebook.com/jafartamam.3712 “sepuluh-status-melintang” tersebut.

Pengalaman lain jatuh kepada sebuah situs bernama Blogger, dimana kita bisa menyimpan berbagai arsip tulisan di sana, dan tentunya dengan jaiminan bahwa karya kita pasti akan terbaca oleh dunia. Hal inilah yang kemudian menjadi hobi dan minat baru saya, hampir setiap hari saya mengisinya dengan berbagai karya tulis saya. 

Belajar tanpa seorang guru tentunya akan membuat kita agak sedikit pusing, belajar otodidak tentang pengotak-atikan rumus HTML tentu juga merupakan suatu hal yang bisa membuat kita pusing alang kepalang, mencari widget yang cocok hingga memlilih template dan tema yang pas juga hal yang tak mudah dilakukan, tapi untungnya ada seorang teman yang dengan rela danpenuh lapang dada, ia bersedia  membantu saya menakhlukkan blog , kita sebut saja ia dengan inisial F, ia yang mempunyai pengalaman nge-blog  pun mengajari saya, blognya bisa dilihat di  www.catetan.deannsetiia.net . diiringi dengan kesabaran dan keuletan, akhirnya terciptalah sebuah blog yang sangat fenomenal dan eksotis! Hal itu bisa di lihat di www.jafartamam.blogspot.com , sebuah mahakarya yang lumayan kece untuk seorang blogger pemula seperti saya. 

Dan kesibukan berkutat dengan blogger inilah yang berhasil merebut hati saya sampai sedemikian lama, sampai saat ini, saat tulisan ini diposting, bahkan akan menjadi bagian dari hidup saya.

Di tengah kesibukkan ngeblog  saya punmenyampatkan diri untuk melancong ke berbagai situs-situs terkenal seperti Google plus atau tepatnya di www.plus.google.com , mulai mencoba terjun ke situs jejaring sosial buatan google ini, sebuah komunitas yang diprediksikan akan menyusul kedigdayaan facebook sebagai jejaring sosial terbesar sejagat. Sebenarnya hal yang unik dari google plus ini adalah bahwa ia memiliki tampilan yang bagus, berdiam di bawah naungan mesin pencari google, jadi ketika kita ingin mencari gambar yang akan kita upload atau mencari karya untuk bahan presentasi kuliahan kita tak usah repot2 membuka tab baru, kita tinggal meng-klik tulisan cari (dsb) maka kita akan otomatis dibawa ke pengkuan mbah google.

Hal yang jadi perhitungan saya untuk menjadi anggota aktif disana adalah dimana setiap kali saya ingin memposting tulisan dan memublikasikannya maka akan keluar sebuah tawaran untuk kita agar menyebarkan tulisan tersebut. Dari situ kemudian saya berpikir bahwa siapapun yang menjadi anggota jejaring sosial besutan google ini pasti mereka mempunyai blog,  merasa punya jaminan bahwa berteman dengan seorang blogger adalah langkah yang efektif untuk mempromosikan karya dan kita pun bisa saling mengoreksi  tantang bagus-tidaknya suatu karya, maka saya memutuskan untuk berkecimpung di dalamnya. 

Semoga ini menjadi perantara untuk menjadi pribadi dengan karya yang lebih berkualitas lagi. Untuk pembaca yang telah memiliki akun di google plus, silahkan coba lihat di Profil Google Plus Saya and jangan lupa Add me to your cirdles yah… atau kalau memang belum ketemu atau salah alamatnya silahkan cari di pencarian dengan nama  Ja’far Tamam. 

Tanpa terasa hal itu membuat saya agak jenuh (yah sebenarnya karena saya kurang paham betul dengan google + tersebut), maka saya mulai beranjak ke Twitter. Microblogging yang ditemukan oleh jack Dorsey ini pun akan menjadi teman saya di sesi selanjutnya (hehe, kayak acara televise aja). Awal kali saya menginjakkan kaki di tanah Twitter ini, saya terkesan memfollow sembarangan apa yang sebenarnya belum saya pahami seberapa besar kualitas akun yang saya follow itu. Sampai kemudian datang sebuah pencerahan dari teman saya, saya melihat beberapa akun yang ia follow, dan semuanya berkualitas! 

Maka tanpa tunggu lama2, saya menyetel twitter saya ulang, meng-unfollow apa yang sebenarnya kurang saya sukai, mencoba mencari di google “akun twitter yang pantas di follow”, namun entah kenapa yang keluar malah sebuah artikel di deretan pertama dengan tema “orang yang pantas anda Unfollow…”, merasa tertarik kemudian saya membukanya, diantara saran itu adalah agar kita menjauhi akun iseng yang hanya membuat status iseng tak bermutu, menghindari akun yang jarang nge-tweet walau banyak penggemarnya unruk di-follow, dll. 

Maka saya hapus (baca:unfollow) apa yang tidak perlu saya ikuti, dan mengikuti (follow) apa yang pantas untuk saya dan tentunya itu harus bermanfaat! Bagi agan yang mau mentweet saya apalgi mem-Follow saya, silahkan kunjungi tautan ini www.twitter.com/jafartamam atau jika memang gak mau sulit2 (karena takut ketika mengklik akan meninggalkan blog ini) maka bisa mengetik di kolom  pencarian dengan nama Ja’far Tamam,

Chekidotz...!

Hehehei,,,,  

2 komentar:

perjalanan di dunia maya memang tak akan ada ujungnya....

akue dah tiga tahun melanglang buana di dunia maya,, seru banget..!!!

Posting Komentar

Back to top